in

Mengenal Arsitektur Masjid-Masjid di Negara Cina | by Islampedia Editor | Nov, 2022


Di negara Cina / Tiongkok masjid disebut sebagai Qīng Zhēn Sì (清真寺, Temples of the Pure Truth). Sebutan lainnnya ada lagi, antara lain Huí Huí Sì (回回寺 Hui people’s temple), Lǐ Bài Sì (礼拜寺 Temple of worship), Zhēn Jiào Sì (真教寺 Temple of the True Teaching) or Qīng Jìng Sì (清净寺 “Pure and clean temple”).

Kubah masjid

Arsitektur Islam Cina mencerminkan arsitektur lokal dalam gayanya dimana merupakan kombinasi gaya Cina & Islam. Namun, di Cina barat masjid lebih menyerupai masjid di Iran & Asia Tengah dengan menara tinggi, ramping, lengkungan lengkung & atap berbentuk kubah seperti pada gambar diatas.

Masjid Xiaopiyuan

Catatan sejarah menunjukkan bahwa Masjid Xiaopiyuan di Xi’an, Shaanxi dibangun pada akhir Dinasti Tang (618–907) dan merupakan salah satu dari empat masjid di Xian pada tahun 1107. Masjid Xiaopiyuan adalah salah satu bangunan Islam paling awal di Xian.

Atap Masjid Xiaopiyuan

Masjid Xiaopiyuan memiliki gaya arsitektur istana tradisional Tiongkok dipadukan dengan unsur Islam dengan empat halaman. Tempat sholat untuk wanita ada tempat khusus yang berada di halaman masjid yang pertama. Ini merupakan hidden gem arsitektur dan seni dari Muslim Hui.

Interior ruang sholat Masjid Xiaopiyuan
Interior ruang sholat Masjid Xiaopiyuan

Secara tradisional, Muslim Hui berbicara bahasa Cina & menggunakan karakter Cina. Namun, jika menyangkut masjid, kaligrafi Cina biasanya muncul di luar Masjid, sedangkan di dalamnya menggunakan ayat-ayat Alquran dalam bahasa Arab.

Masjid Agung Xi’an

Masjid Agung Xi’an (Hanzi: 西安大清真寺) adalah salah satu masjid pramodern terbesar di Tiongkok. Meskipun masjid ini pertama kali dibangun pada tahun 742 M, bentuknya saat ini sebagian besar dibangun pada tahun 1384 M pada masa pemerintahan Kaisar Hongwu dari dinasti Ming.

Bahasa Arab ditulis dalam estetika Cina

Seperti kebanyakan masjid Cina yang dibangun antara periode Ming & Qing, Masjid Agung Xi’an memadukan bentuk arsitektur tradisional Cina dengan fungsi Islam. Masjid ini berorientasi ke arah barat ke arah Mekkah.

Ukiran seluruh Al-Qur’an pada panel kayu
Bagian dalam Masjid didekorasi dengan gaya tradisional Cina

Salah satu fitur penting dari Masjid Agung Xi’an adalah ukiran seluruh Al-Qur’an pada panel kayu. Bagian dalam Masjid didekorasi dengan gaya tradisional Cina.

Tablet batu
Masjid Agung Xi’an

Mi Fu, salah satu ahli kaligrafi paling terkenal dalam sejarah Tiongkok, adalah keturunan Sogdiana. Ada sebuah tablet batu di Masjid Agung Xi’an menunjukkan tulisan tangannya “Hukum Dao membentuk trinitas dengan langit & bumi.” Muslim Hui lokal menafsirkan “hukum” sebagai ajaran Islam.

Saat ini sekitar 30 masjid dan 68.000 Muslim di Xi’an.

Masjid Huaisheng

Masjid Huaisheng 广州怀圣寺 juga dikenal sebagai Masjid Mercusuar, adalah masjid utama di Guangzhou. Dibangun kembali berkali-kali dalam sejarahnya, secara tradisional diperkirakan dibangun lebih dari 1.300 tahun yang lalu pada tahun 627 menjadikannya salah satu masjid tertua di dunia.

Menara runcing Masjid Huaisheng

Fitur yang paling tidak biasa dari Masjid Huaisheng adalah menara runcing setinggi 36 meter di Guangta atau Kwangtah. Meskipun ini berarti “Pagoda Polos” mengacu pada permukaannya yang polos, terkadang juga diartikan sebagai “mercusuar” sehingga masjid ini memiliki nama lain bernama Masjid Mercusuar.

Kaligrafi Masjid Huaisheng

Masjid Huaisheng secara tradisional konon dibangun pada tahun 672 oleh Sa’d bin Abi Waqqas, paman Nabi Muhammad ﷺ.

Masjid Niujie
Sisi lain Masjid Niujie

Masjid Niujie adalah Masjid tertua di Beijing, Cina. Ini pertama kali dibangun pada tahun 996 selama Dinasti Liao & dibangun kembali serta diperbesar di bawah Kaisar Kangxi (memerintah 1661–1722) dari Dinasti Qing. Masjid mengikuti norma gaya arsitektur tradisional Cina.

Interior Masjid Niujie

Masjid Niujie memiliki detail interior yang indah dalam gaya Cina Islam.

Masjid Agung Shaanxi

Masjid Agung Shaanxi, juga dikenal sebagai Masjid Dongda, dibangun pada Dinasti Qing. Ini adalah masjid terbesar di Urumqi & dapat menampung ribuan orang untuk beribadah pada waktu yang bersamaan. Arsitektur masjid menggabungkan bentuk tradisional Cina dengan dekorasi ala Islam.

Interior dari Masjid Agung Shaanxi
Interior dari Masjid Agung Shaanxi

Interior dari Masjid Agung Shaanxi memiliki detail yang indah.

Pintu masuk dan dua menara Masjid Hijau

Masjid Hijau, Turpan, Cina terletak di pusat provinsi XinJiang di daerah yang dikenal sebagai “Turpan Depression”, tempat terendah & terpanas di China.

Masjid Agung Jinan Selatan
Tampak dalam Masjid Agung Jinan Selatan

Masjid Agung Jinan Selatan adalah masjid tertua di kota Jinan. Didirikan pada masa dinasti Yuan pada tahun 1295. Sebagian besar bangunan yang ada saat ini didirikan pada masa dinasti Ming pada tahun 1436 & 1492. Gaya masjid ini mirip dengan kuil Cina.

Masjid Agung Hohhot

Masjid Agung Hohhot 呼和浩特清真大寺 di Distrik Huimin, Hohhot, Cina adalah masjid tertua & terbesar di Mongolia Dalam. Dirancang dengan arsitektur Arab & Cina. Masjid ini dibangun pada tahun 1693 oleh orang Hui dan direnovasi pada tahun 1789.

Masjid Bukui

Masjid Bukui di Qiqihar, Heilongjiang, China dibangun pada masa Dinasti Qing & terdaftar pada tahun 2006 sebagai Situs Utama yang Harus Dilindungi karena Nilai Sejarah dan Budayanya di Tingkat Nasional. Ini adalah masjid terbesar dan tertua di provinsi ini.

Masjid di Zharkent, dibangun tanpa paku.

Masjid di Zharkent, Kazakhstan ini dibangun oleh seorang arsitek Cina pada tahun 1886 menggunakan kayu dari pohon cemara lokal dan seluruhnya dibangun tanpa paku.

Masjid di Hangzhou

Masjid indah ini di Hangzhou, ibu kota Zhejiang. Itu dibangun antara 2012 dan 2016 untuk melayani populasi Muslim kota yang terus bertambah.

Tulisan ini bersumber dan ditranslasikan dari Twitter Bayt Al Fann.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings